Tips Mencari Kerja Buat Para Fresh Graduated


Setelah tamat kuliah, dan diwisuda tentu banyak para fresh graduate yang dirundung kegalauan. Kegalauan antara ingin lanjut S2 atau cari kerja. Buat yang sudah mantap untuk mencari kerja, namun mencari pekerjaan ternyata tak segampang yang dipikirkan. Berikut berapa tips untuk para fresh graduate yang ingin mencari kerja, yang masih bingung apa aja yang harus dilakukan :
1. Siapkan dirimu, Kamu harus siapkan dahalu segala keperluan untuk melamar pakerjaan. Jika masih ada yang diurus dikampus segeralah selesaikan secepatnya seperti ijazah, transkrip nilai, ijazah bahasa Inggris (untuk keperluan melamar pekerjaan pada perusaan Internasional atau mau lanjut kuliah keluar negeri), dan legalisir seluruhnya (pastikan legalisir sesuai kebutuhanmu, agar tidak repot-repot harus bolak-balik untuk mengurus, apalagi yang akan tinggal jauh dari kampus), SKCK ( Bisa dibuat di Polsek atau Polres terdekat dikota domisilimu), KTP, CV/Curicullum Vitae ( Buatlah CV mu semenarik mungkin), Surat Lamaran Pekerjaan (Buatlah surat lamaran pekerjaan sesuai format yang berlaku umum). Buat juga kartu AK1/Kartu Kuning ( Kartu ini dapat dibuat di Dinas Tenaga kerja di daerah domisilimu).
2. Mencari Lowongan. Setelah semua persyartan mencari kerja lengkap, maka mulai lah mencari lowongan pekerjaan. Saat sekarang ini sangat banyak sekali media yang menginformasikan lowongan pekerjaan. Kamu bisa searching di google website yang menyediakan info lowongan kerja seperti Jobsid.co, openkerja.com, lowongankerja15.com dsb, pada website pusat pengmbangan karir kampus-kampus juga tersedia banyak informasi lowongan kerja, selain itu juga bisa melalui media sosial seperti fb, instagram, twitter, WA, Line Jobs, dll. Gabung digroup atau follow akun informasi lowongan kerja. Baik itu info yang ruang lingkupnya nasional atau didaerah. Ada juga aplikasi penyedia informasi lowongan kerja seperti jobstreet, yang akan memberikan informasi sesuai lowongan yang kamu inginkan setelah mendaftar.
3. Apply Job. Saat kamu sudah menemukan lamaran yang kamu inginkan, pastikan qualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan sesuai dengan qualifikasimu, maka apply pekerjaan itu. Untuk mendaftar sesuaikan dengan informasi, bisa jadi melalui website, atau dengan cara kirim email, atau dengan cara mengantar langsung ke alamat kantor.
Selamat berjuang para jobseekers, tetap semangat mendapat kan pekerjaan yang terbaik. Ingat tetap berhati-hati lah, karena banyak penipuan yang berkedok lowongan kerja. Saat kamu mendapat email pemberitahuan untuk mengikuti seleksi kerja, maka pastikan email tersebut adalah email resmi recuitment dari perusaan yang kamu lamar. Cek apakah email yang digunakan bukan email yang memakai domain gratis, karena untuk perusaan besar tidak mungkin memakai domain gratis. Cek juga website resmi perusaan tersebut.
http://tz.ucweb.com/1_2zYny

Comments

Popular posts from this blog

Metode Numerik

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Pada Jalur SNMPTN