Karir Jurusan Matematika





Buat yang berminat untuk mengambil jurusan matematika di perguruan tinggi, namun masih bingung soal prospek kerjanya.
1. Dosen
Bagi yang bercita cita ingin jadi dosen, tentu lulusan juga bisa menjadi seorang dosen, tetapi harus mengambil S2 terlebih dahulu dengan jurusan yang memiliki korelasi dengan matematika. Karir menjadi seorang dosen sangat bagus peluangnya, karena banyak lowongan dosen matematika dibutuhkan.
Hasil gambar untuk mathematic
sumber : ntnu
2. Aktuaris
Aktuaris adalah seorang yang bekerja di asuransi. Aktuaris adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan jurusan matematika. Karena pekerjaan ini juga sangat dibutuhkan saat ini dan dengan gaji yang cukup besar, sedangkan jumlah aktuaris diIndonesia masih sedikit. Tetapi untuk menjadi seorang aktuaris harus mengikuti ujian aktuaris dan mendapatkan sertifikat aktuaris. Sertifikat aktuaris tersebut diperoleh setelah mengikuti ujian yang diadakan oleh PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia) dan ujiannya tidaklah mudah. Untuk level pertama harus yaitu tingkatan Associate dengan gelar ASAI harus lulus 7 mata kuliah, level kedua, tingkat fellow dengan gelar FSAI dan peserta tes harus lulus 6 mata kuliah. Jadi cukup butuh perjuangan untuk mendapatkan sertifikasi aktuaris ini.
3. Programer
Lulusan jurusan matematika juga bisa menjadi seorang programer, karena saat kuliah S1, pemprograman komputer juga menjadi salah satu mata kuliah wajib. Jika tertarik dibidang ini, bisa memperdalamnya dengan mengambil mata kuliah pilihan tentang komputasi, belajar secara otodidak, jadi asisten laboratorium komputasi, berteman sama anak sistem komputer, atau ikut organisasi yang bergerak dibidang ini, atau jika ingin lebih memperdalam lagi bisa lanjut S2, dan karir untuk jadi dosen tidak akan tertutup, karena jika mengambil S2 dibidang komputasi masih memiliki korelasi dengan jurusan matematika sehingga bisa juga jadi dosen. Tamat S1 jurusan matematika dan ingin berkarir dibidang IT, juga banyak peluangnya saat ini.
Hasil gambar untuk programer
sumber :seoclerks
Buat lulusan jurusan matematika yang ingin menjadi PNS, juga cukup banyak lembaga pemerintahan dan kementrian yang membuka formasi lulusan S1 Matematika. Diantaranya Kemdikbud, Kemenkeu, PPATK, Kemenpan, LIPI, Batan dll.
5. Karyawan BUMN dan Swasta
Menjadi karyawan BUMN dan Swasta, juga menjadi salah satu prospek kerja jurusan matematika. Untuk fresh graduate bisa melamar melalui jalur Management Trainee atau Officer Development Program.
6. Karyawan Bank atau Perusaan Keuangan
Banyak bank atau finance yang membuka lowongan untuk semua jurusan, seperti pada jalur ODP untuk fresh graduate. Namun peluang jurusan matematika untuk diterima sangat besar. Karena lulusan matematika juga telah mempelajari matematika keuangan, sehingga ilmu itu dapat diaplikasikan dalam pekerjaan.
7. Guru
Lulusan matematika murni juga bisa jadi seorang guru jika mengambil akta IV atau sekarang PPG. Namun juga bisa mengajar dibimbel-bimbel dan juga disekolah swasta.
8. Data Analys
Data analys adalah pekerjaan yang banyak dibutuhkan untuk saat ini. Melakukan analisis data pada big data dengan menggunakan software statistik, merupakan salah satu skill yang dimiliki oleh lulusan jurusan matematika, karena dijurusan matematika juga mempelajari ilmu statistik baik itu tentang pemodelan, analisis korelasi dan regresi, komponen utama, time series dll.

Gimana ??? Tertarik untuk ambil jurusan matematika, atau ada yang masih galau, tentukan pilihanmu dari sekarang. Kesuksesan bukanlah tergantung dari jurusan dimana kamu berada, tetapi saat aku merasa enjoy dan suka terhadap yang kamu jalani, kamu bekerja keras, melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik.

Comments

Popular posts from this blog

Metode Numerik

Tips Mencari Kerja Buat Para Fresh Graduated

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Pada Jalur SNMPTN