Metode Numerik

ROOT-MEAN-SQUARE CURRENT



Abstrak.
Arus RMS  berkaitan dalam perhitungan matematika. Yaitu dengan penerapan integral pada penentuan arus RMS (Root Mean Square). Selain dengan menggunakan teknik integral, penghitungan ini dapat menggunakan metode numerik. Metode numerik yang digunakan untuk menyelesaikan integrasi suatu fungsi adalah metode integrasi Romberg, yaitu suatu algoritma komputasi yang digunakan untuk menggabungkan dua taksiran nilai integral agar mendapatkan suatu penyelesaian yang lebih teliti. Taksiran nilai integral yang digunakan didasarkan pada aturan trapesium. Selain itu juga dapat diselesaikan dengan metode Newton-cotes,serta Gauss legendre. Arus RMS adalah nilai efektif dari sebuah tegangan periodik, yakni penguadratan ordinat gelombang arus kemudian dicari rata-rata dari gelombang yang telah dikuadratkan kemudian dicari akarnya.

Kata Kunci: Newton-cotes, Integral Romberg, MATLAB, arus, metode numeric

1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Berdasarkan kesimpulan dari keefisienan transmisi energi, arus dalam suatu sirkuit AC seringkali membentuk gelombang sinus :
dimana i =  arus (A=C/s), ipeak = arus puncak(A), ω = frekuensi angular(rad/s) dan t = waktu(s). Frekuensi angular berkaitan dengan perioda T(s) dengan ω=2π/T.
1.2     Rumusan masalah
1.      Bagaimankah mengaplikasikan metode numerik dalam menentukan arus RMS (Root Mean Square) ?
2.      Bagaimana menghitung nilai arus RMS(Root mean square) dengan menggunakan   metode Romberg,dan newton cotes, pada Matlab?

1.3  Tujuan
1.    Melengkapi tugas akhir metode numerik tahun ajaran 2015/2016.
2.    Dapat mengetahui aplikasi metode numeric dalam kehidupan sehari-hari dalam makalah ini akan  dibahas penggunakan itegrasi numeric untuk mencari arus RMS .
3.    Dapat menggunakan metode Romberg,dan newton cotes. 
4.    Dapat menggunakan Matlab untuk menentukan arus RMS (Root mean square).



3.PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah diperoleh hasil atau solusi dari kasus maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Metode numerik dapat juga digunakan dalam menghampiri masalah nilai  arus RMS yaitu dapat digunakan dengan menggunakan integral Romberg dan Newton-cotes.
2. Metode numerik dapat juga digunakan untuk banyak masalah yang ada dikehidupan.
3.2 Ucapan Terima Kasih
Penilis Ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam mengerjakan makalah ini,anggota kelompok yang telah bekerja sama dengan baik. Terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah metode numeric. Terima kasih kepada asisten Praktikum Metod Numerik yang telah membimbing selamapraktikum Metode Numerik.
Referensi
[1] Steven, C.C. and Raymond, P.C. (1991). Metode Numerik untuk Teknik: dengan Penerapan pada Komputer Pribadi, penerjemah: S. Sardy dan pendamping: Lam- yarni I.S., Universitas Indonesia.
[2] Suparno, S. (2008). Komputasi untuk Sains dan Teknik. Naskah, Departemen Fisika- FMIPA UI.
[3] Yang, W.Y., et al. (2005). Applied Numerical Methods using MATLAB. John Wiley & Sons, Inc.



Comments

Popular posts from this blog

Tips Mencari Kerja Buat Para Fresh Graduated

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Pada Jalur SNMPTN